Sabtu, 04 April 2009

INFRARED MOVE DETECTOR

Pengamanan gedung dengan menggunakan pendeteksi gerakan dengan sensor Infrared (Infrared move detector) merupakan suatu alternatif pengamanan yang dapat diterapkan untuk mengurangi tindakan kriminalitas yang terjadi. Sistem ini dibentuk oleh 2 komponen yang saling mendukung yaitu hardware dan software. Hardware (perangkat keras) merupakan komponen utama yaitu sensor yang bertugas mendeteksi adanya gerakan. Sedangkan software (perangkat lunak) merespon signal yang dikeluarkan oleh komponen hardware

Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras yang digunakan adalah :

PIR KC 7783R PIR KC7783R merupakan sensor infrared yang menjadi perangkat keras utama dari sistem ini. Sensor infrared ini merupakan jenis PIR (Passive Infrared) dengan harga yang relatif murah. PIR KC7783R merupakan sensor pendeteksi yang berfungsi normal pada tegangan 4,7 – 12 volt DC dan akan mengeluarkan output dengan level high antara 5-6 volt.

Regulator LM7805 IC Regulator LM7805 berfungsi mengubah tegangan yang dikirim oleh sensor Infrared menjadi tepat 5 volt (berfungsi sebagai VCC).
Output (Buzzer dan LED indikator) Untuk memberikan perhatian kepada petugas keamanan yang bertugas maka tegangan VCC yang dikirim mengaktifkan Buzzer dan LED indikator.
IC Buffer 74LS244 IC buffer ini berfungsi mengirimkan sinyal ke Paralel Port sehingga mengaktifkan software (perangkat lunak).

Perangkat Lunak (Software)

Perangkat lunak ini merupakan pendukung dari kinerja perangkat keras yang telah dibuat. Perangkat lunak yang berfungsi sebagai output dari sistem ini aktif saat ada sinyal yang dikirim oleh sensor infrared dari hardware. Interface perangkat lunak ini akan memvisualiasasikan seruan berupa gambar dan suara alarm untuk merespons sinyal yang ditangkap oleh pararel port. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan petugas keamanan yang sedang lengah. Perangkat lunak juga akan menyimpan segala aktivitas pada saat hardware mengirimkan sinyal (terdeteksi gerakan yang mengenai sensor) secara otomatis pada database. Alarm dan data kejadian tidak dapat dihentikan atau dihapus oleh sembarang user.


Untuk pengamanan pada perangkat lunak, digunakan enkripsi untuk otentikasi user. Jadi tidak semua user dapat mengoperasikan software security ini. Hanya user yang berwenang saja yang dapat menggunakan software ini.

Untuk dapat mengoperasikan software ini secara penuh maka diperlukan hak akses khusus. Untuk mendapatkan hak akses khusus tersebut diperlukan penginputan data username dan password kemudian di-login. Untuk user ini dapat mengoperasikan toolbar ”DELETE ALL” dan ”STOP” serta menutup software. Sedangkan untuk user yang belum memiliki hak akses khusus maka hanya dapat mengopersikan dalam mode freeze atau hanya dapat melihat kinerja software saja tanpa dapat mengoperasikan software.

Kinerja Sistem

PIR KC7783R merupakan sensor pendeteksi yang berfungsi normal pada tegangan 4,7 – 12 volt DC dan akan mengeluarkan output dengan level high antara 5-6 volt. Output dari sensor ini berfungsi sebagai VCC (sumber tegangan) komponen yang lain. Agar tegangannya menghasilkan tepat 5 volt, maka rangkaian ditambah dengan IC regulator 7805. Setelah tegangan telah tepat 5 volt, buzzer dan LED indikator aktif. Selain itu tegangan ini pun akan menjadi tegangan VCC untuk IC buffer. Dari IC buffer inilah Port Paralel pada PC menerima sinyal yang selanjutnya akan mengaktifkan perangkat lunak.

Software aktif setelah mendapat sinyal yang dikirim oleh sensor Infrared yang melalui port paralel. Interface dari software ini berupa visualisasi gambar seruan dan suara alarm untuki merespons sinyal yang ditangkap. Hal ini bertujuan untuk mengingatkan petugas keamanan yang sedang lengah. Saat sinyal terkirim ke Software, maka software pun secara otomatis menyimpan data kejadian pada database. Database yang disimpan tidak akan dapat dihapus oleh sembarang orang. Hanya user yang memilik hak akses khusus yang dapat mengoperasikan database.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih...

Agus mengatakan...

Aslmkm..Mau tanya.Bkin sftwareny pake program apa ya? VB atw Delphi?Boleh mnta sourcecodenya?

Thanks

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes