Kamis, 03 September 2009

visit Surabaya

"Surabaya...oh Surabaya...oh Surabaya... kota kenangan...kota kenangan... takkan kulupa... Surabaya di tahun 45... kami berjuang...kami berjuang...bersama-sama..."


lagu kenangan Surabaya yang menjadi pembakar semangat arek-arek Suroboyo dalam berprestasi...



Surabaya, ibukota provinsi Jawa Timur dan kota terbesar kedua di Indonesia. Surabaya menjadi kota pelabuhan perdagangan di kerajaan jawa selama lebih dari setengan abad. Terletak di muara Sungai Brantas, kota ini secara resmi didirikan pada 1293 ketika Raden Wijaya mendirikan Majapahit. Surabaya dalam legenda merupakan lokasi pertempuran antara hiu (Sura) dan buaya (baya).
Surabaya, yang dikenal sebagai "Kota Pahlawan" karena perannya dalam perjuangan kemerdekaan bangsa, Surabaya tumbuh berkembang menjadi kota besar yang menawan, dengan dibatasi bangunan kolonial yang indah dan pohon -pohonan yang teduh di sepanjang jalan. Surabaya juga berfungsi sebagai pusat komersial industri dan pertanian. Daerah yang termasuk situs bersejarah adalah pelabuhan kalimas yang menjadi pusat perdagangan kerajaan pada masa lampau. Di sekitarnya juga terdapat perkampungan arab dengan bangunan berbau timur tengah. Tempat tersebut kini merupakan kawsan wisata religi bagi umat islam karena di sekitar perkampunagn arab tersebut terdapat makam serta masji kuno peninggalan sunan ampel, salah satu wali songo.

Bangunan bersejarah lainnya adalah Hotel Majapahit, yang merupakan saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya. Hotel yang dulunya bernama Hotel Yamato ini sekarang menjadi hotel berbintang lima dengan tetap mempertahankan corak aslinya. Lain lagi dengan gedung Grahadi, sebuah tempat peristirahatan yang dibangun pada abad ke-18. Gedung ini sekarang dijadikan salah satu monumen kolonial sekaligus tempat pemerintahan di Kota Surabaya.Surabaya juga memiliki kebun binatang tertua dan terbesar di asia tenggara.

1 komentar:

mas ian mengatakan...

Indahnya Surabaya.....

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes