Sabtu, 07 November 2009

Mikrokontroller

Komputer merupakan aspek penting yang berkembang seiring bersama perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Semakin tingginya kebudaayaan dan pemikiran maka semakin tinggi pula tuntutan untuk memudahkan kebutuhan manusia. komputer digunakan untuk memudahkan kebutuhan manusia tersebut.


Komputer berkembang sangat pesat bahkan lebih pesat daripaada penemuan-penemuan teknologi yang lain seperti radio, telepon, automobil, dan televisi. Bahkan perangkat-perangkat teknologi tersebut telah dikembangkan sebagai salah satu pelengkap dari komputer. Jadi komputer merupakan perangkat primer yang sangat dibutuhkan masyarakat luas.




Seiring perkembangan zaman, semakin luaslah kebutuhan akan kemampuan seperti yang dimiliki oleh komputer, sehingga menyebabkan munculnya terobosan-terobosan baru yang salah satunya adalah dibuatnya chip mikrokontroler. mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kontrol. mikrokontroler datang dengan dua lasan utama, yang pertama adalah kebutuhan pasar (market need) dan yang kedua adalah perkembangan teknologi baru. yang dimaksud dengann kebutuhan pasar adalah kebutuhan yang luas dari produk-produk elektronik akan perangkat pintar sebagai pengontol dan pemroses data. sedangkan yang dimaksud dengan perkembangan teknologi baru adalah perkembangan teknnologi semikonduktor yang memungkinkan pembuatan chip dengan kemmapuan komputasi sangat cepat, bentuk yang semakin mungil, dan harga yang semakin murah.


Mikrokontroler adalah suatu alat elektronika digital yang mempunyai masukan dan keluaran serta kendali dengan program yang bisa ditulis dan dihapus dengan cara khusus, cara kerja mikrokontroler sebenarnya membaca dan menulis data. Sekedar contoh, bayangkan diri Anda saat mulai belajar membaca dan menulis, ketika Anda sudah bisa melakukan hal itu Anda bisa membaca tulisan apapun baik buku, cerpen, artikel dan sebagainya, dan Andapun bisa bisa menulis hal-hal sebaliknya. Begitu pula jika Anda sudah mahir membaca dan menulis data maka Anda bisa membuat suatu sistem pengaturan otomatik sesuai keinginan Anda.


Mikrokontroler adalah sebuah komputer didalam chip yang digunakan untuk mengontrol peralatan elektronik.Mikrokontroler itu sejenis mikroprosesor yang menekankan efisiensi dan efektifitas biaya. Secara harfiahnya adalah "pengendali kecil" dimana sebuah sistem elektronik yang sebelumnya banyak memerlukan komponen-komponen pendukung seperti IC TTL dan CMOS dapat direduksi/diperkecil dan akhirnya terpusat serta dikendalikan oleh mikrokontroler ini. Dengan penggunaan mikrokontroler ini maka :

    * Sistem elektronik akan menjadi lebih ringkas
    * Rancang bangun sistem elektronik akan lebih cepat karena sebagian besar dari sistem adalah perangkat lunak yang mudah dimodifikasi
    * Pencarian gangguan lebih mudah ditelusuri karena sistemnya yang kompak

Namun demikian tidak sepenuhnya mikrokontroler bisa mereduksi komponen IC TTL dan CMOS yang seringkali masih diperlukan untuk aplikasi kecepatan tinggi atau sekedar menambah jumlah saluran masukan dan keluaran (I/O). Dengan kata lain, mikrokontroler adalah versi mini atau mikro dari sebuah komputer karena mikrokontroler sudah mengandung beberapa periferal yang langsung bisa dimanfaatkan, misalnya port paralel, port serial, komparator, konversi digital ke analog (DAC), konversi analog ke digital dan sebagainya hanya menggunakan sistem minimum yang tidak rumit atau kompleks.




Pengenalan Mikrokontroler



Mikrokontroler adalah single chip komputer yang memiliki kemampuan untuk diprogram dan digunakan untuk tugas-tugas yang berorientasi kontrol. Mikrokontroler datang dengan dua lasan utama, yang pertama adalah kebutuhan pasar  (market need) dan yang kedua adalah perkembangan teknologi baru. Yang dimaksud dengan kebutuhan pasar adalah kebutuhan yang luas dari produk-produk elektronik akan perangkat pintar sebagai pengontol dan pemroses data. sedangkan yang dimaksud dengan perkembangan teknologi baru adalah perkembangan teknnologi semikonduktor yang memungkinkan pembuatan chip dengan kemmapuan komputasi sangat cepat, bentuk yang semakin mungil, dan harga yang semakin murah.

Keunggulan Mikrokontroler

1.      high relaibility and high degree of integration

2.      reduced in size

3.      reduce in component count

4.      shorter development time

5.      lower power consumption

1 komentar:

Anonim mengatakan...

apaan sihhhh.....

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes