Electronic Scoring Game merupakan sejenis game (permainan) yang memanfaatkan 7-segment sebagai display-nya. Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 orang yang masing-masing orang dibutuhkan memiliki ketepatan dan kecepatan dalam menekan tombol saklar (permainan ini menggunakan media saklar sebagai inputannya).
komponen :
NO | SYMBOL | KETERANGAN |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 | R1 R2 R3,R4 R5 R6,R7,R8,R9,R10,R11,R12 C1 C2 S1,S2,S3,S4 IC1 IC2 IC3 7 SEGMENT PCB | 10K 100K 560 1K 330 2,2 U/ 6V 0,01 U SAKLAR NE555 74LS192 74LS247 7 SEGMENT PCB |
Permainan ini sangat sederhana. Siapa yang dapat mengumpulkan score 100 terlebih dahulu, maka dia akan menjadi pemenangnya. Sebelum memulai permainan, maka player harus menekan saklar-1 yang berfungsi sebagai reset. Kemudian player pertama menekan saklar-2 atau saklar-3 (catatan : jika player pertama telah memilih saklar-1 sebagai inputannya, maka player ke dua harus menggunakan saklar-2 sebagai inputannya. Jadi tiap player tidak boleh sama inputannya).
Penjelasan project :
Pada saat saklar-2 atau saklar-3 ditekan maka counter’s BCD outputs akan mengubah-ubah nilai BCD secara cepat dan saat saklar dilepaskan, (Saklar-2 sebagai up counter dan saklar-3 sebagai down counter). nilai terakhir yang muncul akan di-latched dan akan berfungsi sebagai output dari IC2 (74LS192). IC 74LS192 merupakan IC yang berfungsi sebagai Up-Down Counter dengan nilai Output BCD. The latched number (nilai yang di-latch) akan menjadi input dari BCD to 7-segment decoder/driver IC3 (74LS247) yang mengatur tampilan pada 7-segment. Untuk menampilkan nilainya pada 7-segment, maka saklar-4 harus ditekan. Jadi selama proses counter terjadi nilai tidak ditampilkan pada 7-segement. Rangkaian ini membutuhkan tegangan 5 V.
Petunjuk penggunaan :
Misalkan 2 player didefinisikan sebagai player-X dan player-Y.
Player-X memulai terlebih dahulu dengan menekan saklar 1 (reset). Kemudian tekan dan tahan saklar 2 (input player-1) lalu lepaskan. Untuk mengetahui hasilnya pada 7-segment maka tekan saklar-4. Catat nilai yang muncul.
Player-Y memulai terlebih dahulu dengan menekan saklar 1 (reset). Kemudian tekan dan tahan saklar 3 (input player-2) lalu lepaskan. Untuk mengetahui hasilnya pada 7-segment maka tekan saklar-4. Catat nilai yang muncul. Secara umum hampir sama dengan langkah player-X
Player-X kembali mengulangi langkah 1 setelah player-Y menyelesaikan gilirannya. Dan terus berulang hingga player yang nilai totalnya mencapai 100 terlebih dahulu, dia yang menang.
datasheet :
diposting berdasarkan tugas Praktikum Elektronika Digital semester III Sekolah Tinggi Sandi Negara.
0 komentar:
Posting Komentar