Jumat, 29 Januari 2010

Kenjeran oh Kenjeran.....

laut-laut-laut.... aku suka laut...

Pantai Kenjeran terletak di sebelah Timur Kota Surabaya, dari pintu masuk Surabaya dapat ditempuh melalui Jalan Waru-Ahmad Yani-Wonokromo-Basuki Rahmat-Pemuda-Dharmahusada(Prof. Dr. Moestopo)-Kalijudan/Mulyosari-Kenjeran. Pantai yang menjadi ikon pariwisata di Surabaya ini merupakan kawasan wisata pantai satu-satunya yang ada di Kota Buaya ini. Pantai yang indah, airnya jernih, dengan semilir ombak yang menenangkan jiwa (50 tahun yang lalu mungkin atau dapat juga lebih dari itu....). Sekarang pantai ini merupakan pantai yang keruh diakibatkan pendangkalan lumpur di kali brantas.



Tapi meskipun begitu Pantai Kenjeran tetap diminati pengunjung. Setiap akhir pekan, kawasan pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Entah itu dari kalangan bawah maupun kalangan atas. Segarnya angin pantai tetap dapat dirasakan disini. Indahnya langit Surabaya selalu senantiasa menghiasi pantai kenjeran ini. Sekarang ia , Jembatan Suramadu.

Ada yang menjadi ciri khas dari Pantai Kenjeran ini, yaitu olahan hasil laut. Surabayaa yang notabene berada di garis pantai, memiliki kekayaan laut yang melimpah. Banyak sekali kekayaan laut yang dapat dinikmati disini. Yang paling terkenal adalah lontong kupang.

Lontong Kupang.....
Ada yang pernah makan lontong kupang... (so delicious).. dibuat dari hewan laut yang bernama "kupang".


Selain lontong kupang, ada banyak kerupuk yang dibuat dari hewan laut yang nikmatnya luar biasa. Ada kerupuk terung (teripang), keripik udang lezat, keripik kulit ikan, telur ikan, dan masih banyak lagi....
Selain makanan, kerajinan tangan dari hasil lain tak kalah banyaknnya dan kreatif banget loh..

Maka, meskipun keruh airnya, pantai kenjeran tetap menjadi ikon wisata di Surabaya yang tidak dapat dilewatkan jika berkunjung di kota Surabaya..  dan Visit Surabaya..

2 komentar:

Anonim mengatakan...

kamu kalo pulang ke surabaya kok gag bilang2????
kan kangen tw...

mas ian mengatakan...

bilangnya ke sapa? situ aja namanya anonim...

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Top WordPress Themes